Dari puluhan plugin yang tersedia, saya merekomendasikan 10 plugin yang wajib anda install berikut ini.
1. LightExplorer
menembahkan jendela Windows Explorer di samping kiri editor. Sangat bermanfaat ketika anda mengedit banyak file di lokasi yang berbeda. Anda tidak lagi harus membuka file lewat jendela open dialog.
2. nppFTP
Plugin untuk mengedit file yang letaknya di server FTP. Saya sendiri memanfaatkannya untuk mengedit file di server hosting.  Sekenario paling sering terjadi jika website sudah terlanjur di online kan, namun ternyata masih ada beberapa bug. Daripada report buka cpanel, lalu upload file baru, mending gunakan nppFTP, tinggal konek ke server lalu klik dua kali file yang ingin di edit. Isi file akan dibuka di notepad++ dan ketika anda menekan tombol save, file akan tersimpan langsung keserver.
3. Tortoise SVN
Digunakan untuk mengedit file yang ada di repositori SVN. Namun sebelum anda memakai plugin ini, program Tortoise SVN   sudah harus anda install terlebih dahulu. Tool ini sangat cocok untuk anda yang mau mengedit file di server SVN langsung dari Notepad++.
4. Autosave
Plugin ini untuk menyimpan file secara otomatis setiap periode tertentu. Anda bisa mengatur waktunya di menu Plugin->Autosave -Option.
5. Compare
Fungsinya membandingkan file yang sedang anda edit dengan isi file yang terakhir kali disimpan. Sangat bagus untuk melacak perubahan isi file.
6.InsertLoremIpsum
Ketika anda sedang membuat desain web dengan CSS, anda butuh data text yang banyak.  Isi text sendiri tidak penting karena yang kita tekankan  format tampilannya. Gunakan Plugin ini untuk membuat “Lorem ipsum” text. Saya jamin para desainer web akan membutuhkan plugin ini.
7. TextFX
TextFX secara default sudah ada sejak pertama kali anda menginstall notepad++. TextFX  menyediakan puluhan fungsi, silahkan lihat dan coba sendiri menunya. Beberapa fungsi yang cukup bermanfaat misalkan “insert date time”, “convert text to Upper/lower case”  dan  “Delete blankline”.
8. JSON Viewer
Menampilkan data json dalam format tree (pohon). Anda harus memblok teks lalu memilih Plugin-> JSON Viewer> Format JSON. Jika  anda ingin membuat aplikasi web yang menggunakan  webservice seperti Google Maps  anda akan bertemu dengan format ini.
9. XML tool
Semua operasi yang berhubungan dengan XML tersedia di plugin ini. Contoh kegunaan XML tool adalah memformat file XML, mengecek validasi file XML, memberi komentar atau membuang komentar dari file XML.
10. NppExport
Berguna untuk meng export file ke format RTF atau HTML.

0 Response to " "

Posting Komentar